MITRA FIRE

Fire Protection & Mechanical Electrical

Get Adobe Flash player

Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menggelar simulasi pemadaman kebakaran di Gedung Kementerian Keuangan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Operasi gabungan yang dilakukan Damkar DKI Jakarta itu dimulai pukul 09.00 WIB.

18 Unit kendaraan pemadam kebakaran dan pendukungnya dikerahkan dalam simulasi itu. Terdiri dari mobil tangga, mobil ambulance, mobil pompa, mobil komando, dan mobil komunikasi. Tak hanya itu, sebanyak 90 personel pemadam kebakaran dari 5 wilayah di DKI Jakarta juga diterjunkan.

"Satuan pemadam kebakaran dari 5 wilayah kami kerahkan untuk simulasi," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo di Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Subejo menambahkan, tujuan diadakan simulasi ini untuk melihat dan mengevaluasi seluruh petugas pemadam kebakaran dalam penanggulangi musibah tersebut.


"Dari simulasi hari ini kami bisa melihat dan menilai bagaimana prosedur yang baik dan cepat dalam memadamkan api di saat kebakaran. Kita juga bisa mengecek kondisi dari mobil Damkar yang kita gunakan apakah bekerja maksimal atau ada kekurangan dan juga bagaimana melihat kesiapan para petugas pemadam. Ini juga sebagai evaluasi kami," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, simulasi ini juga dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tanggap para pengelola bangunan jika terjadi musibah kebakaran. "Karena bangunan ini merupakan objek vital salah satu bangunan di Jakarta. Kita juga ingin tahu bagaimana respons cepat para pengelola pembangunan di Jakarta dalam menghadapi musibah kebakaran," terangnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Kamis 21 Maret petang. Api menghanguskan lantai 2 dan 3 gedung tersebut. Pegawai di tempat itu tidak menyadari api telah membesar karena diduga alarm tanda kebakaran tak berfungsi.


Selang 5 hari kemudian, api juga meludeskan ruangan Hakim Agung Solthony Mohdali di Gedung Mahkamah Agung, Rabu 27 Maret. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Tak ada berkas penting yang hangus terbakar. Hanya sekitar 15 menit, api dapat dipadamkan dengan peralatan pemadam di gedung itu tanpa bantuan petugas pemadam kebakaran.(Ali)